Kisah Gemilang PERTIWI Pertamina dalam Membangun Masyarakat dan Lingkungan

By Admin, 16 Mei 2024

Sunset in the mountains

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati

Perusahaan minyak dan gas bumi milik negara PT Pertamina (Persero), telah menjadi garda depan dalam mendorong inklusivitas dan pemberdayaan perempuan di tempat kerja melalui Komunitas Perempuan Pertamina Tangguh Inspiratif Wibawa Integritas “PERTIWI”.

Pertiwi didirikan untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif serta ditujukan untuk menjembatani kesenjangan gender dalam dunia usaha dan kepemimpinan di lingkungan Pertamina, Pertiwi diresmikan oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, pada perayaan Hari Kartini pada Rabu (21/4/2021), PERTIWI dipimpin oleh Emma Sri Martini, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Keuangan Pertamina.

Acara “Kick Off Programs” dan “Inspiring Talkshow” yang diadakan baru-baru ini, bertema “He for She: Laki-Laki Sebagai Sekutu dalam Mencapai Kesetaraan Gender dalam Bisnis,” menandai tonggak penting dalam komitmen Pertamina terhadap kesetaraan gender. Acara-acara ini mempertemukan para pekerja Pertamina dari berbagai latar belakang untuk berdiskusi dan belajar dari pengalaman masing-masing.

Program PERTIWI Pertamina fokus pada pengembangan kemampuan perempuan dan talenta muda di perusahaan, mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin masa depan. Pendekatan inklusif ini tidak hanya memberikan manfaat bagi pekerja namun juga memberikan kontribusi terhadap keberhasilan Pertamina secara keseluruhan dengan memanfaatkan beragam perspektif dan keterampilan tenaga kerja.

Sementara itu, dedikasi organisasi ini pada inklusivitas tercermin dalam berbagai inisiatifnya, termasuk program bimbingan, sesi pelatihan, dan peluang berjejaring. Upaya-upaya ini tidak hanya mempromosikan kesetaraan gender tetapi juga meningkatkan lingkungan kerja secara keseluruhan, mendorong kolaborasi dan inovasi.

Seiring berjalanya transformasi dan perkembangan Pertamina, komitmen terhadap komprehensif melalui Pertiwi tetap menjadi komponen penting dalam tanggung jawab sosial perusahaan. Pertamina memberikan contoh untuk diikuti oleh organisasi lain, yang menunjukkan bahwa inklusif sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang.

Nicke Widyawati mengatakan bahwa PERTIWI bukan hanya untuk memberikan kesempatan yang sama kepada perempuan dan laki-laki, tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan kompetensinya agar bisa berkiprah dalam role apapun baik di perusahaan, masyarakat nasional maupun global.

Emma Sri Martini, Ketua PERTIWI, menjelaskan bahwa PERTIWI akan berperan aktif dalam pemberdayaan perempuan melalui kegiatan pengembangan personal dan profesional, dalam rangka mendukung keberlanjutan bisnis Pertamina dan energi masa depan. PERTIWI memiliki misi menciptakan kesetaraan gender di lingkungan kerja dan pengembangan karir, serta membangun kepemimpinan dalam menyiapkan pemimpin masa depan.

Misi PERTIWI Pertamina untuk memberdayakan perempuan di tempat kerja dan mendorong kesetaraan gender merupakan langkah terbaik dalam menciptakan lingkungan kerja yang beragam. Dengan memupuk budaya saling menghormati dan memahami, Pertamina menunjukkan komitmennya terhadap kesejahteraan dan kesuksesan karyawannya secara keseluruhan.